FTP: Undangan Diskusi, Filsafat dalam Tafsir Qs Al-a’la Mulla Sadra

Pengantar Diskusi dari Pembicara
Ṣadrā, sebagai salah satu filsuf muslim yang paling berpengaruh, telah diakui berhasil mensintesakan elemen-elemen penting dalam tradisi Islam – filsafat, mistik (irfān) dan teologi. Ia juga dikenal berhasil menuangkan pemikiran filosofisnya dalam beragam komentarnya atas sumber-sumber utama keagamaan, baik yang berkaitan dengan al Qur’an maupun ḥadīth. Lewat diskusi ini, peneliti berupaya untuk melakukan penelusuran secara mendalam untuk menuangkan kembali gagasan Ṣadrā tentang tasbīḥ (pensucian Tuhan). Melalui konsentrasi pada teks-teks Q.S. al ‘aʿlā, jiwa kita diajak untuk berpetualang menuju lapisan makna terdalam untuk mengenali realitas mabda’, ṣirāṭ dan maʿād.

Selanjutnya melalui perenungan mendalam atas komentar Ṣadrā tersebut, kita diajak untuk membuka visi dan cara pandang baru akan pentingnya prinsip-prinsip filosofis dalam memahami kajian teks-teks keagamaan. Peneliti akan membatasi ulasan pada tema-tema penting yang tertuang dalam Q.S. al ‘aʿlā seperti tentang ketuhanan (theology), alam (cosmology), manusia (anthropology), kenabian (prophetic) dan kebangkitan (escathology).

Penelitian ini merupakan suatu upaya untuk menggali manfaat dari aspek- aspek penting dari sumber-sumber keagamaan yang tergali dari petunjuk al Qur’an yang berpadu dengan prinsip-prinsip rasional filosofis dan pengalaman mistik (intuitif) Ṣadrā. Penelitian ini juga merupakan usaha untuk menguji dan menganalisa bagaimana Ṣadrā menuangkan bangunan metafisika-nya yang genuin semisal kehakikian wujud (aṣālah al wujūd), gradasi wujud (tashkīk al wujūd) dan gerak ubstansi (ḥarakah jauhariyah) ke dalam kerangka (framework) teks-teks keagamaan.

Penelitian ini sekaligus merupakan suatu upaya untuk membuktikan hipotesa ketidakberjarakan antara filsafat dengan teks-teks keagamaan..Berikut detil info program.

Tema                 ; Filsafat dalam Tafsir Qs Al-a’la Mulla Sadra
Pembicara       ; Kerwanto MA, (Kandidat doktor Tafsir)
Penanggap     : Hashem Adnan MA, (Kandidat doktor Tafsir)
                         Ali Sibro Malisi, MA (Kandidat doktor Tafsir)
Hari/Tempat   : Jumat, 13/10.2017, STFI Sadra Lt. 04

 

Free WordPress Themes, Free Android Games